Lusiana Mustinda – detikFood

Hotel Marriott Manila telah menjadi hotel pertama di Filipina yang sudah tersertifikat halal. Ini dilakukan guna untuk tingkatkan daya tarik turis muslim untuk wisata yang ramah halal.

Memiliki peringkat hotel kelas bintang lima dan mungkin akan naik menjadi tujuh untuk layanan dan juga fasilitasnya dalam melayani klien muslim. Salah satunya adalah menyajikan makanan halal di Marriott Cafe.

Crescentrating adalah lembaga pemeringkat Internasional yang melakukan penilaian yang terkait dengan dunia wisata berdasarkan kehalalannya. Lembaga ini sangat serius dalam mempromosikan wisata halal bagi seluruh muslim di dunia.

Manila-sertifikasi-halal-2

Crescentrating telah menilai hotel di Filipina. Ini adalah bagian dari inisiatif terbaru dari The Philippine Department of Tourism (PDoT) untuk diversifikasi kedatangan pengunjung dengan menarik pengunjung Muslim dari negara tetangga seperti Asia Tenggara dan juga Timur Tengah.

PDoT juga telah bermitra dengan Crescentrating untuk mengadakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan ketersediaan makanan halal dan masjid di Filipina.

“Proyek pariwisata Halal Filipina sudah gencar dijalankan dan menetapkan target yang sangat realistis untuk memulai pekerjaan penting dalam membuat industri halal yang nyata di Filipina,” tutur Ramon R. Jimenez Jt, selaku sekretaris pariwisata dalam TTG Asia (03/05).

Ramon menambahkan, “Hal ini penting karena dalam budaya Filipina yang terbaik dan yang paling penting untuk jamuan setiap pengunjung adalah dengan makanan. Jika tidak halal, ada segmen masyarakat di dunia yang tidak dapat merasakannya.”

Manila-sertifikasi-halal-3

Fazal Bahardeen, CEO dari CrescentRating mengatakan bahwa hotel-hotel lain di Filipina diharapkan akan segera bisa melakukan sertifikasi halal.

Menurut MasterCard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016, pasar wisata Muslim diakui sebagai sektor pariwisata yang pertumbuhannya diproyeksikan akan bernilai lebih dari US $ 200 miliar pada tahun 2020 mendatang. Filipina saat ini peringkat 46 pada daftar GMTI.
(odi/lus)

Leave a Reply