Manfaat Minum Susu Cokelat Setelah Olahraga

0
1411

JAKARTA, KOMPAS.com – Minum susu cokelat seusai olahraga ternyata bisa memberikan manfaat lebih dibanding hanya minum air putih maupun minuman olahraga.

Sejumlah penelitian menunjukkan, susu cokelat mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh atlet seusai berolahraga. Namun, susu cokelat yang dimaksud adalah yang rendah lemak.

“Kalau konsumsi susu cokelat ada dua efeknya dibanding minum air putih biasa atau sportdrink. Bisa membantu efek rehidrasi dan recovery,” ujar Nutrition &Health Education Manager Nutrifood Fendy Susanto di sela-sela acara jumpa pers L-Men 3×3 Competition Indonesia, di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Fendy menjelaskan, susu cokelat rendah lemak mengandung elektrolit, karbohidrat, protein, dan mineral. Elektrolit dibutuhkan tubuh ketika terlalu banyak cairan, yakni keringat yang keluar saat berolahraga.

“Dengan minum susu cokelat, cadangan air dalam tubuh bisa tahan lebih lama,” kata Fendy.

Lebih dari itu, susu cokelat membantu pemulihan otot-otot yang digunakan saat berolahraga. Sebab, susu cokelat mengandung protein. Dengan adanya karbohidrat dan protein, maka susu cokelat bisa meningkatkan kadar glikogen yang dibutuhkan oleh otot.

“Setelah olahraga dalam jangka waktu 60 sampai 90 menit, minum susu cokelat yang rendah lemak,” lanjut Fendy.

Minum susu cokelat rendah lemak setelah olahraga bisa mencegah kerusakan otot, sehingga juga dapat mencegah cedera pada olahraga berikutnya.

Namun, menurut Fendy, akan lebih terasa manfaatnya jika minum susu cokelat rendah lemak seusai melakukan olahraga dengan endurence atau daya tahan, seperti basket, sepeda, dan lari. Karena, olahraga tersebut membutuhkan kekuatan otot.
Penulis : Dian Maharani
Editor : Bestari Kumala Dewi

Leave a Reply