Iko Uwais dan Yayan Ruhian Berdialog dengan “Bahasa Planet”

0
1831

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam film Star Wars: The Force Awakens, Iko Uwais dan Yayan Ruhian berdialog dalam bahasa Kanjiklub. Mereka dan Cecep Arif Rahman berperan sebagai anggota-anggota organisasi kriminal intergalaksi itu.

“Kami dibuatkan bahasa sendiri. Iko dan Yayan yang ada bahasa planet sendiri untuk mereka berdialog,” kisah Cecep dalam jumpa pers pada acara pemutaran perdana film Star Wars: The Force Awakens, di Senayan City XXI, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Mereka juga mengenakan kostum khusus yang mewakili Kanjiklub. Mereka harus berkali-kali mengepas kostum itu.

“Pertama datang, cuman fitting baju. Bayangan mereka, kami besar-besar, ternyata kecil-kecil. Hari kedua, (kostum) baru jadi,” terang Cecep.

“Mereka cobain baju dengan safety di lutut, siku, belakang. Dari awal, sudah dihitung. Tetap akan terlihat seperti baju, tapi harus tidak kelihatan safety-nya,” sambung Cecep.

Iko dan kawan-kawan menjalani shooting di set pesawat luar angkasa yang dibuat begitu nyata. Mereka terkagum-kagum dibuatnya.

“Kita kan shooting-nya dalam ruangan, setting pesawat antariksa. Itu seperti kapal beneran. Seperti pintu terbuka, robot berjalan. Kami jadi antusias banget. Walau, untuk adegan besok, kami baru dikasih tahu besok,” ceritanya.

Penulis : Dian Reinis Kumampung
Editor : Ati Kamil

Leave a Reply