Curhatan Pemandu Lokal Derawan

0
1371

Afif Farhan – detikTravel – Senin, 02/05/2016 17:50 WIB

Berau – Pamor Derawan terus naik daun. Wisatawan dalam dan luar negeri berbodnong-bondong ke sana. Di lain sisi, ada beberapa komponen pendukung pariwisata di sana yang dianggap masih kurang.

Hal tersebut diungkapkan Memed, pemandu lokal dari Derawan Paradise. Di sela-sela kegiatan Fam Trip Australian Travel Agent pekan lalu di Kepulauan Derawan, dirinya curhat mengenai kondisi pariwisata di ‘surga’ tersebut.

“Untuk penginapan dan rumah makan sudah alhamdulillah banyak. Apalagi, Pemda sudah memberi pelatihan kepada masyarakat Derawan seperti membikin suvenir dan pernak-pernik dari laut,” katanya membuka cerita.

Ada dua pulau besar yang dihuni masyarakat di Kepulauan Derawan, yakni Pulau Derawan dan Pulau Maratua. Pulau Derawan punya satu kampung, sedangkan Maratua 4 kampung. Selain menjadi nelayan, pariwisata sudah merupakan salah satu lapangan pekerjaan bagi masyarakatnya.

“Orang-orang menyewakan sepeda, rumah sebagai homestay, boat dan menjadi pemandu. Pariwisata sangat berkembang pesat di sini,” tutur Memed yang biasa disapa Pak Haji.

Tapi ada satu yang kurang, Memed mewakili masyarakat Derawan mengaku, pemerintah belum memberikan pelatihan bahasa Inggris. Hal itu dirasanya akan menjadi masalah, karena kunjungan turis mancanegara terus meningkat.

“Yang kami minta sekarang adalah pelatihan bahasa Inggris. Agar kami mudah bicara kepada turis dan bisa menjelaskan lebih banyak tentang Derawan ini,” ungkapnya.

Selama ini, Memed dan beberapa pemandu lokal di Derawan hanya belajar bahasa Inggris secara mandiri. Dia pun dapat bicara bahasa Inggris, walaupun tidak lancar-lancar amat. Maka dengan pelatihan bahasa Inggris yang diberikan dari Pemda Kaltim atau Kementerian Pariwisata, akan sangat membantu pemandu-pemandu lokal di Derawan.

Capat atau lambat, pamor Derawan akan terus naik. Malah tak mungkin, beberapa tahun lagi kunjungan turis mancanegara terus melonjak ke sana. Masyarakat Derawan sendiri sudah sadar wisata dan tahu cara menyambut turis.

“Orang-orang di Derawan ramah dan penuh senyum. Mereka baik kepada turis dan pasti menjawab kalau kita bertanya. Benar-benar kehidupan yang simpel di sini, ini yang turis suka,” ujar salah satu peserta Fam Trip Australian Travel Agent, Nicole Adrienne dari Maridian World

Pemandu-derawan-3

Leave a Reply