Apa itu penyakit Maag? Dan bagaimana penyembuhanya

0
583

Idnewspaper.com-Penyakit maag merupakan penyakit yang terjadi dan terasa nyeri di lambung. Ada banyak hal yang menjadi faktor pencetus penyakit maag ini muncul. Pemicu munculnya masalah penyakit maag adalah karena kenaikan pada produksi asam lambung. Produksi asam lambung yang naik bisa disebabkan akibat beberapa hal misalnya adalah asupan makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, diingin akibay suhu lingkungan sekitar Anda (suhu alami mucim dingin, ruangan yang ber-AC), stress masalah psikis seperti emosi pada pekerjaan dan juga tekanan hidup, konsumsi obat yang mengandung asam misalnya jenis obat ibuprofen, aspirin, asam mefenamat, diklofenak. Dan bahkan ada beberapa jenis sayuran juga yang bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung seperti sayur kubis, sawi,kol, dan bahkan buah semangka yang segar pun bisa memicu naiknya asam lambung.

Yang terjadi pada penyakit maag adalah penderitanya biasanya akan mempunyai luka-luka pada mukosa lambung. Luka yang terjadi biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan pada sekresi asam lambung jenis pepsin atau mukus (produk kelenjar pada mukosa lambung yang mempunyai manfaat dan fungsi sebagai benteng dari lapisan pada mukosa lambung. Karena letaknya yang berada pada rongga perut yang terdapat dibagian perut atas dan agak ke kiri mengarah pada ulu hati, maka biasanya jika penyakit maag ini kambuh akan menyebabkan penderitanya mengalami sakit pada bagian tersebut.

Cara menyembuhkan maag bisa dilakukan dengan pemberian obat antasid yang bisa membantu untuk menetralkan asam lambung yang naik dan sudah memenuhi lambung. Obat antasid merupakan obat maag yang mengandung senyawa basa alkali, misalnya adalah seperti alumunium hidroksida, magnesiu hidroksida, calsium karbonat. Basa jika bertem dengan asam akan menjadi netral. Ingatlah pada prinsip reaksi pada pembentukan garam dari asam dan basa.

Cara menyembuhkan maag dengan memberikan senyawa yang bisa membantu menghambat terjadinya kenaikan pada produksi asam lambung, yakni adalah penghambat pada reseptor histaminic tipe 2 (H2 blocking agent/antagonis H2), contohnya adalah cimetidin, renitidine, famotidine. Selain itu, jika muncul rasa nyeri pada penyakit maag maka cara menyembuhkan maag dengan obat adalah pemberian obat pain killer atau analgetik misalnya adalah seperti parasetamol. Sebaiknya jangan gunakan jenis analgetik yang mengandung asam seperti ibuprofen, dan juga asam mefenamat.

Idnewspaperteam

Leave a Reply