Lahir dari keluarga musisi, membuat Alam Urbach terpacu untuk selalu bikin sesuatu. Salah satu talenta dahsyat yang menonjol dari adik kandung Nafa Urbach ini yaitu di ranah songwriting. Lagu ciptaannya banyak yang meledak di pasaran. Sebutlah “Cinta Atau Uang” nya Cinta Laura, “Katakan Tidak” nya Afgan, “Kapan Lagi Bilang I Love You” nya Dewi Sandra, dan masih banyak lagi. Gak heran kalo sederet penyanyi hebat berebut ingin menyanyikan lagu ciptaannya. Di antaranya Shanty, Rossa, Rio Febrian, Judika, Anji, Be3, Nindy, Terry, Lala Karmela, Glenn Fredly, Melly Mono, sampai grup band rock seperti Kunci.
Di tahun 2015, agenda songwriting Alam Urbach pun gak putus-putus. “Belum lama ini aku membuatkan lagu untuk duet Rossa dan Afgan. Lagu ‘Kamu Yang Ku Tunggu’ itu spesial aku bikin untuk mereka. Lagu tersebut ada di album Rossa. Aku juga bikin 3 lagu untuk album Rio Febrian. Lagu itu adalah ‘Memang Harus Pisah’, ‘Cinta Adalah’, ‘Benarkah’. Inu Numata (A&R Sony Music) langsung yang meminta lagu ke aku. Begitu Rio denger, dia langsung suka. ‘Memang Harus Pisah’ yang terpilih jadi singel pertama merupakan lagu galau warna baru gaya bermusik modern, meski notasi lagunya kental nuansa 90-an. Mulan juga minta lagu ke aku, cuma lagunya masih belum selesai,” beber cowok yang udah belajar nulis lagu sejak SMA itu.
Para penyanyi pendatang baru pun ikut antre memesan lagu ke Alam Urbach. Ia pernah melejitkan duet Nicky Tirta & Vanessa Angel di singel “Indah Cintaku”. Ia juga mengantarkan lagu “Sahabat” yang dibawakan Tiffany Kenanga menjadi nominasi lagu anak terbaik di AMI Award 2013. Alam Urbach juga berperan mengorbitkan Marsheilla lewat singel “Kamulah Kelemahanku” dan Maharani dengan singel “Pengalaman Cintaku”. Ia juga baru menelurkan duet Nicky Tirta dan Rini Mentari lewat singel “Cinta Harus Dijaga”.
“Aku gak pilah-pilih sih. Penyanyi baru juga akan aku buatkan lagu selama lagu itu sesuai dengan karakternya. Aku baru aja membuatkan lagu ‘Kau Adalah’ untuk penyanyi baru Isyana Sarasvaty. Dia itu makhluk cantik yang pintar bermusik. She’s a good piano player and good singer. Di lagu itu, Isyana berkolaborasi dengan Rayi RAN,” beritahu cowok yang pernah menyanyikan lagu “Satu Untuk Selamanya” bersama Dewi Sandra untuk OST film Nada Cinta.
FYI, lagu berjudul “I Still Love You Forever” adalah lagu pertama Alam yang ia ciptakan semasa SMA. Konon, lagu itu belum pernah dipublikasikan. ”Iya, dulu aku belajar main alat musik dan sound engineering sendiri saja. Pokoknya main sesuai rasa aja. Aku orangnya gak terlalu teoritis,” ceplos cowok yang pernah menjadi gitaris di Denny Chasmala Big Band.
Butuh berapa lama kah seorang Alam Urbach untuk membuat sebuah lagu ya? “Kalo songwriting paling sejam dua jam lah. Aku termasuk orang yang cepat dalam membuat lagu. Yang agak molor itu waktu bikin lagu “Katakan Tidak” nya Afgan. Lagu itu baru kelar sekitar 3 bulanan, karena aku tinggal mengerjakan yang lain dulu,” lontar Alam.
Selalu bermimpi, berinovasi tiada batas, dan menjadikan perjalanan hidup menjadi sebuah cerita indah adalah pemicu semangat Alam Urbach di dalam dunia songwriting. “Menulis lagu itu sangat menyenangkan loh dan aku mau terus melakukannya,” papar Alam yang kemudian menambahkan tips membuat lagu bagus itu dengan menggabungkan mood, taste, dan imagination.

Penulis : Doddy Irawan – KamarMusikdotcom

Leave a Reply